Tuesday 27 June 2023

Bimbingan Teknis Geospasial Dasar Diikuti ASN DLH Kulon Progo

PENGASIH (KONSIKA NEWS) - Pada hari Senin, tanggal 26 Juni 2023, salah satu ASN Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kulon Progo mengikuti Bimbingan Teknis Geospasial Dasar di Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (DPTR) Kabupaten Kulon Progo.

ASN tersebut adalah Himawan Novianto, S.T. Bimbingan Teknis ini dilaksanakan mulai pukul 08.30 sampai dengan pukul 15.10 WIB dalam rangka memberikan pengetahuan dan wawasan terkait pembuatan digitasi peta dan layouting peta hasil digitasi.

Digitasi peta bertujuan untuk mengubah data raster ke dalam bentuk data vektor, sesuai dengan pengelompokan yang dibuat berdasarkan objek yang sama, misalnya untuk bangunan, jalan, pohon, dan lain sebagainya.


Data raster adalah data hasil pemotretan udara, seperti hasil pemotretan menggunakan drone.

Bimbingan Teknis Geospasial Dasar ini diselenggarakan Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kabupaten Kulon Progo serta diampu oleh Dosen Teknik Geodesi, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada.

Perangkat Lunak Sistem Informasi yang dipakai pada Bimbingan Teknis ini adalah Quantum GIS (QGIS) Versi 3.28.7.

Beberapa komponen yang terdapat pada tampilan awal Aplikasi QGIS, berupa: a) Toolbar; b) Bidang Peta/Kanvas; c) Browser/File Manager; d) Daftar Layer; dan e) Papan Status. Terdapat 3 (tiga) plug-in dasar yang harus di-instal pada Aplikasi QGIS dalam Bimbingan Teknis ini, meliputi: a) Calculate Geometry; b) Digitizing Tools, dan c) Quick Map Services.

Beberapa langkah di dalam membuat layouting peta hasil digitasi, melalui: a) Project; b) New Print Layout; c) Create Print Layout.

Pada tahap pembuatan layouting peta hasil digitasi ini akan muncul kanvas yang digunakan sebagai media di dalam menyusun peta.

Dengan diadakannya Bimbingan Teknis ini, salah satu harapan ke depannya adalah semua data di Kabupaten Kulon Progo dapat berbentuk geospasial dan masuk ke dalam Geoportal Kulon Progo, sehingga dapat dimanfaatkan oleh semua pengguna di Kabupaten Kulon Progo. (Himawan)

No comments:

Post a Comment