Monday 26 June 2023

Dorong Masyarakat Kulon Progo Kelola Sampah, DLH Gencarkan Sosialisasi

KULON PROGO (KONSIKA NEWS) - Sebagai upaya pengurangan sampah masuk ke Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) DLH Kulon Progo melakukan sosialisasi  mengajak kepada masyarakat untuk dapat mengelola sampah yang dihasilkannya secara optimal.

Pada bulan Juni ini yang diundang dalam acara sosialisasi adalah pokdarwis Banaran, perwakilan padukuhan Sidorejo, paguyuban wisata Trisik, Karangtaruna dan PKK Pedukuhan Sidorejo.

Dalam sosialisasi tersebut menghadirkan dua narasumber yaitu Sudaryono dari JPSM Kulon Progo dan Giyarto dari Bank Sampah Sinergi  Berdaya Temon.


Harapannya di Banaran paling tidak muncul satu bank sampah baru sehingga dapat mengeduksi warga masyarakat sekitar untuk bisa mengelola sampah dengan prinsip Reduce, Reuse dan Recycle (3R).

Selain itu, di wilayah tersebut terdapat obyek wisata pantai Trisik yang tentunya  penyumbang timbulan sampah yang dihasilkan oleh pengunjung.

Peserta sosialisasi memberikan respon baik terhadap materi yang disampaikan oleh narasumber dan berencana akan membentuk bank sampah baru sebagai upaya meningkatkan kualitas lingkungan melalui pengelolaan sampah. (Ngadiran)

No comments:

Post a Comment