Monday 30 January 2023

Sosialisasi Pemasangan Jaringan di Sorotanon Dipimpin Direktur Perumda Tirta Binangun

KALIBAWANG (KONSIKA NEWS) – Direktur Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Binangun Kabupaten Kulon Progo H. Jumantoro, S.E memimpin langsung sosialisasi pemasangan jaringan Program Hibah Air Minum Perkotaan Tahun 2023 di Padukuhan Sorotanon Kalurahan Banjararum Kapanewon Kalibawang.

Diikuti sekitar 50-an warga dari Padukuhan setempat, pelaksanaan sosialisasi bertempat di kediaman Dukuh Sorotanon Suyaka, pada Rabu Legi (25/1/2023).

Jumantoro menjelaskan, pemasangan jaringan pipa diupayakan sebisa mungkin tidak mengganggu mobilitas masyarakat sekitar, di mana lokasi pemasangan jaringan pipa tidak dilakukan pada jalan bersemen, cor blok, maupun aspal.

“Namun, apabila ada kerusakan maka akan menjadi tanggung jawab Perumda Tirta Binangun untuk pemulihan,” terang Jumantoro di hadapan warga.


Salah satu warga RT 36 Sorotanon, Dwi Yuniarti, menanyakan tentang prosedur dan batas akhir pendaftaran program hibah tersebut.

“Apabila ada warga yang masih ingin mendaftar, apakah masih bisa?. Dan bagaimana caranya?,” tanya Dwi Yuniarti.

Menanggapi, Jumantoro mengatakan, bagi warga di Kalurahan Banjararum yang berminat dapat mendaftarkan secara kolektif melalui Dukuh setempat.

“Persyaratan yang harus dipenuhi adalah foto copy KTP dan rekening listrik. Adapun, batas pendaftaran Hibah Air Minum 2023 sampai dengan tanggal 31 Januari 2023,” kata Jumantoro.

Dalam sosialisasi juga disampaikan bahwa pipa Sambungan Rumah (SR) pada Program Hibah Air Minum 2023 panjangnya 10 meter.

Menurut rencana, meter air dipasangkan sampai di depan rumah calon pelanggan.

Apabila jarak dari titik pasang meter air ke jaringan PDAM lebih dari 10 meter, kebutuhan pipa sambungan rumah akan ditanggung oleh Perumda Air Minum Tirta Binangun.

Namun begitu, calon pelanggan diharapkan bergotong royong turut membantu dalam menggali tanah yang akan dilalui pipa. (Prd)

 

No comments:

Post a Comment