Monday 24 August 2020

Taufiq Amrullah, Satu Satunya Warga Luar Kulon Progo Yang Saat Ini Menjadi Agen airKU

SWARA TIRTA, TEGALREJO – Salah satu warga Kota Yogyakarta tertarik menjadi agen produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) airKU produksi Kabupaten Kulon Progo.

Adalah Taufiq Amrullah (50), yang tinggal di Tompeyan Kelurahan Tegalrejo Kecamatan Tegalrejo.

Menurut Taufiq, ada 3 alasan yang mendorong dirinya untuk bergabung sebagai agen airKU. Pertama, memenuhi janji kepada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Binangun Kabupaten Kulon Progo.

“Ini adalah salah satu janji saya pada saat menyampaikan laporan akhir pengawasan kepada Direktur PDAM dan jajarannya. Walaupun tidak lagi menjabat Dewan Pengawas, saya akan tetap membantu untuk memasarkan airKU,” tuturnya pada SWARA TIRTA, Selasa (25/8/2020).


Kedua, lanjut Taufiq, dirinya merasa ada tanggung jawab moral bahwa airKU layak untuk dijual di luar Kulon Progo.

“Selama bertugas di PDAM saya sudah minum airKU dan rasanya tidak jauh berbeda dengan merk yang lain,” tambahnya.

Ketiga, dia ingin menjalin interaksi dan komunikasi intensif dengan sesama agen airKU untuk mengetahui permasalahan-permasalahan riil dalam pemasaran AMDK.

“Apa strategi pemasaran yang bisa kita ambil, apa langkah-langkah yang harus ditempuh PDAM dan AMDK untuk masa yang akan datang. Semoga ke depan pemasaran airKU lebih meningkat daripada tahun-tahun sebelumnya,” harap mantan Dewan Pengawas PDAM Tirta Binangun yang purna tugas pada 28 April 2020 lalu.

Taufiq mengatakan, karena mulai tahun 2020 PDAM akan setor Pendapatan Asli Daerah (PAD), maka salah satu yang dapat meningkatkan kontribusi keuntungan adalah dari segmen penjualan airKU.


Keempat, bentuk dukungan kepada pemerintah daerah tempatnya bekerja.

“Selaku Aparatur Sipil Negara di Kulon Progo, saya punya kewajiban untuk membantu memasarkan apa yang telah diproduksi oleh Pemerintah Kabupaten dimana saya bekerja,” jelas Taufiq yang mengemban amanah sebagai Kepala Bagian Pengadaan Barang/Jasa Sekretariat Daerah Kabupaten Kulon Progo.

Bergabung resmi sebagai agen airKU sejak awal Juli 2020, dia memasarkan berbagai varian produk mulai dari galon 19 L, botol 600 mL, botol 330 mL, cup 240 mL, hingga kemasan cup 120 mL. 

“Pemasaran sementara di lingkup RW Kampung Tompeyan Tegalrejo yang saat ini dikenal dengan sebutan Kampung Sayur. Mudah-mudahan terkenal di Kota Jogja secara keseluruhan,” ucapnya.


Kepala Unit AMDK PDAM Tirta Binangun Meiritanto, S.E menyampaikan, saat ini Taufiq Amrullah adalah satu-satunya agen airKU yang berdomisili di luar wilayah Kulon Progo.

“Saat ini beliau satu-satunya agen airKU di luar Kulon Progo,” ujarnya.

Perjuangan Taufiq Amrullah bergabung menjadi agen untuk memasarkan airKU di luar Kabupaten Kulon Progo, mudah-mudahan menginspirasi yang lain. (Prd)

No comments:

Post a Comment