Friday 18 October 2019

Saparan Gua Sriti, Salah Satu Kirab Budaya Adat Di Kulon Progo


SAMIGALUH, konsikaku.blogspot.com- Kabupaten Kulon Progo memang kaya akan seni tradisi dan budaya yang masih dilestarikan oleh masyarakatnya hingga kini. Salah satunya adalah Kirab Budaya Adat Saparan Gua Sriti. Acara adat ini dilaksanakan setiap bulan Sapar/ Shafar.

Pada tahun 2019 ini, Saparan Gua Sriti diselenggarakan pada hari Sabtu Pahing tanggal 19 Oktober 2019 bertempat di Petilasan Kyai Sapar Kompleks Wisata Gua Sriti. Lokasinya berada di dusun Dukuh Desa Purwoharjo Kecamatan Samigaluh.

(Pamflet Kirab Budaya Adat Saparan Gua Sriti)

Dihelat mulai pukul 09.00 WIB, acara yang dikemas diantaranya arak-arakan Bregodo Serang Boyo dan Masyarakat Dukuh serta Genduri Saparan. Tamu undangan, warga masyarakat dan penonton nantinya juga akan dihibur oleh kesenian tradisional Jathilan Krido Tunggal. (Konsika Kulon Progo/Mas Pardy)

No comments:

Post a Comment