Wednesday 17 July 2024

DLH Kulon Progo Adakan Paparan Pendahuluan Penyusunan Kajian DTBPA

PENGASIH (KONSIKA NEWS) - Kamis, 11 Juli 2024 telah dilaksanakan Paparan Pendahuluan yang merupakan bagian dari Kegiatan Penyusunan Kajian Daya Tampung Beban Pencemaran Air (DTBPA) dan Alokasi Beban Pencemaran Air (ABPA) Tahun Anggaran 2024 melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kulon Progo.


Kajian ini dilakukan berdasarkan pada pasal 108 Peraturan Pemerintah RI No. 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Sasaran dalam kajian ini adalah Sub DAS Nagung yang merupakan salah satu Sub DAS dari DAS Serang.


Penentuan sasaran dengan mempertimbangkan beberapa hal, antara lain tersedianya data hasil pemantauan kualitas air permukaan pada Sub DAS Nagung dan berdasarkan hasil Kajian Inventarisasi Sumber Pencemar di DAS Serang Kabupaten Kulon Progo Tahun 2023, menununjukkan bahwa Sub DAS Nagung memiliki presentase potensi sumber pencemar yang cukup tinggi.  

Manfaat dari kajian ini adalah tersedianya data jumlah beban pencemar eksisting yang masuk, tersedianya data jumlah beban pencemar yang diperbolehkan dibuang ke sungai atau angka Daya Tampung Beban Pencemaran Air; dan tersedianya data Alokasi Beban Pencemaran Air (APBA) secara sektoral, spasial, dan temporal. (Yuli)

No comments:

Post a Comment