Thursday 28 December 2023

Rapat Pemeriksaan Dokumen Lingkungan Pengambilan Air Baku Intake Bendung Kamijoro, Ini Esensinya!

PENGASIH (KONSIKA NEWS) – Berbagai proses dilalui dalam rangka mempersiapkan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kamijoro. Salah satunya adalah rapat pemeriksaan substansi teknis dokumen lingkungan pengambilan air baku pada intake Bendung Kamijoro.

Diprakarsai Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Progo, kegiatan rapat digelar di Ruang Rapat DLH, Kamis Legi (21/12/2023).

Pengendali Dampak Lingkungan Ahli Muda pada Bidang Penataan dan Pengendalian Lingkungan DLH Kulon Progo Dedy Kunardi, S.Si.,M.Sc mengatakan secara esensi, rapat membahas substansi dokumen Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UKL-UPL) dari kegiatan pengambilan air baku untuk pemenuhan air minum oleh Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Binangun.

“Kegiatan semacam itu kan butuh komitmen terhadap pengelolaan lingkungan oleh pelaku usaha/kegiatan dalam hal ini PDAM. Nah karena permohonan persetujuan lingkungan ditujukan kepada DLH selaku OPD yang membidangi lingkungan hidup, maka DLH memiliki tugas untuk memeriksa dokumen tersebut,” jelas Dedy ketika ditemui SWARA TIRTA di ruang kerjanya, Jum’at Pahing (22/12/2023).

Tahapan pemeriksaan, lanjut Dedy, DLH mengundang sejumlah pihak untuk rapat yaitu pelaku usaha/kegiatan dalam hal ini adalah Perumda Air Minum Tirta Binangun, Pusat Studi Lingkungan Hidup (PSLH) Universitas Gadjah Mada (UGM) selaku Konsultan Penyusun Dokumen Lingkungan Hidup, dan OPD-OPD yang terkait.

“PDAM secara prinsip sanggup untuk mengelola lingkungan dari rencana usaha/kegiatan pengambilan air tadi. Yang mana air tersebut akan diolah menjadi air bersih. Pengambilan airnya kan di Sungai Progo. Lokasinya berada di Wonobroto Tuksono Sentolo,” kata Dedy yang turut menjadi peserta rapat.

Pihaknya mengharapkan, penyusunan dokumen UKL-UPL secepatnya agar dapat diselesaikan dengan tanpa mengesampingkan kualitas dari dokumen itu sendiri.


Rapat pemeriksaan substansi teknis dokumen lingkungan dihadiri oleh sejumlah pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Kulon Progo.

Antara lain, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Ir. Bambang Tri Budi Harsono, M.M, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Ir. Muh. Aris Nugroho, MMA, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu R. Heriyanto, S.H.,M.M, Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Kundha Niti Mandala Sarta Tata Sasana) Drs. Riyadi Sunarto, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup yang merangkap Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Ir. Gusdi Hartono, M.T. Serta, Direktur Perumda Air Minum Tirta Binangun Kulon Progo H. Jumantoro, S.E. (Prd)

No comments:

Post a Comment