Thursday 21 December 2023

DLH Kulon Progo Punya Perangkat EWS Onlimo, Guna Memantau Kualitas Air Secara Real Time

TEMON (KONSIKA NEWS) – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kulon Progo memiliki seperangkat alat untuk memantau kualitas air secara real time.

Perangkat tersebut dikenal dengan sebutan Early Warning System Online Monitoring (EWS Onlimo).

Pada tahun 2023, DLH telah memiliki 1 unit Onlimo yang ditempatkan di Daerah Aliran Sungai (DAS) Serang Padukuhan Glagah Kalurahan Glagah Kapanewon Temon. Tepatnya, di sebelah selatan Dermaga Wisata Glagah.


Anggaran pembangunan Stasiun Onlimo berasal dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Lingkungan Hidup Tahun Anggaran 2023.

Dalam pengoperasian Onlimo, terdapat 4 petugas yang direkrut dengan sistem outsourcing meliputi 2 orang tenaga teknisi mekanik dan listrik dan 2 orang tenaga keamanan.

Menurut salah satu operator Onlimo, Noor Cholis Ery Yuliawan, keberadaan Onlimo memiliki sejumlah fungsi.


“Pertama, mendapatkan data kualitas air secara otomatis, kontinu, dan daring. Kedua, mengetahui tren perubahan status mutu kualitas air dalam waktu cepat sehingga dapat digunakan sebagai Early Warning System (EWS) apabila terjadi pencemaran air. Ketiga, mengurangi biaya dan waktu dalam pengambilan sampel dan analisis laboratorium. Keempat, mengurangi resiko bahaya, kecelakaan, dan kesalahan dalam pengambilan air dan analisis laboratorium. Dan kelima, menumbuhkan dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memenuhi hak masyarakat untuk mendapatkan informasi,” kata Ery ketika dihubungi WARTA DLH di ruang kerjanya, Rabu (20/12/2023). (Prd)

No comments:

Post a Comment