Tuesday 12 December 2023

Gerakan Penanaman Pohon Dapat Apresiasi Dari Sekda Kulon Progo

KALIBAWANG (KONSIKA NEWS) – Sekretaris Daerah Kabupaten Kulon Progo Triyono, S.IP.,M.Si mengapresiasi pelaksanaan kegiatan penanaman pohon yang diprakarsai Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bekerja sama dengan Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Binangun.

Hal itu disampaikan Triyono ketika memberikan sambutan dalam seremonial Penanaman Pohon di Sekitar Mata Air dengan tema “Sopo Nandur Bakal Ngundhuh” bertempat di kawasan Embung Dlingseng Kalurahan Banjaroyo Kapanewon Kalibawang, Kamis Pon (23/11/2023).

Alhamdulillah pada kesempatan hari ini kita ada gerakan menanam pohon terutama di wilayah-wilayah sumber air dan lain sebagainya yang pada tahun ini juga berkaitan dengan ulang tahun Korpri yang ke-52 yang diinisiasi dan didukung oleh Dinas Lingkungan Hidup kerja sama dengan Perumda Air Minum Tirta Binangun,” tuturnya.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Triyono mengucapkan Selamat Ulang Tahun kepada Korpri yang telah 52 tahun berkiprah dan bersama-sama dengan masyarakat membangun Kulon Progo.

“Dan juga khususnya kepada Dinas Lingkungan Hidup dan Perumda Air Minum Tirta Binangun yang pada kesempatan kali ini berkenan untuk menginisiasi sekaligus menyumbangkan pohon-pohon yang akan ditanam,” ujarnya.


Menurut Triyono, penanaman pohon penting digalakkan sebagai upaya untuk tetap melestarikan lingkungan hidup.

Ia menyoroti adanya aktivitas penambangan liar dan penebangan-penebangan pohon yang tidak diikuti dengan kesadaran penanaman kembali sehingga mengakibatkan kerusakan lingkungan hidup.

“Jika kita tidak sadar untuk menjaga lingkungan hidup, saya khawatirkan bumi, air, yang ini merupakan titipan anak cucu kita dan bukan warisan dari nenek moyang kita. Maka kita akan mewariskan sesuatu yang kemudian akan menyengsarakan bagi anak cucu kita. Oleh karena itu, gerakan menanam pohon ini menjadi sangat baik, harus kita dukung,” tegasnya. (Prd)

No comments:

Post a Comment