Monday 4 December 2023

11 KTH Peroleh Bantuan Bibit dari Dana APBD dan CSR Perumda Air Minum Tirta Binangun Kabupaten Kulon Progo

KALIBAWANG (KONSIKA NEWS) – Sebanyak 11 (Sebelas) Kelompok Tani Hutan (KTH) mendapatkan bantuan bibit pohon untuk melestarikan mata air di wilayah Kabupaten Kulon Progo.

11 KTH yang dimaksud yaitu KTH Arga Manunggal Banjaroyo, KTH Giribakti Dlingseng Banjaroyo, KTH Manunggal Karya Waru X Banjarsari, KTH Murih Makmur Tulangan Ngargosari, KTH Rimba Delta Tanggul Angin Sidomulyo, KTH Rindang Lestari Sendangsari, KTH Trayusari Makmur Ngargosari, KTH Trubus Jomblangan 12 Banjarsari, KTH Sidodadi Balong 7 Banjarsari, KTH Sarimadu Ngaliyan Ngargosari, dan KTH Wana Ngudi Rahayu Gondangan Sidomulyo.

Biaya pengadaan bibit berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kulon Progo Tahun 2023 dan dana corporate social responsibility (CSR) Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Binangun.

 


Penyerahan bibit secara simbolis kepada perwakilan KTH dilakukan sebelum acara penanaman pohon yang digagas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) bekerjasama dengan Korpri Kabupaten Kulon Progo dan Perumda Air Minum Tirta Binangun bertempat di kawasan Embung Dlingseng Kalurahan Banjaroyo Kapanewon Kalibawang, Kamis Pon (23/11/2023).

Sekretaris DLH Kabupaten Kulon Progo Arif Martono, S.Si.,M.Si mengatakan acara tersebut merupakan rangkaian kegiatan Hari Menanam Pohon Indonesia yang diperingati tanggal 28 November dan Hari Ulang Tahun Korpri ke-52 tanggal 29 November 2023.

 


“Perlu kami laporkan bahwa Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kulon Progo melaksanakan kegiatan penanaman pohon di sekitar mata air sebagai upaya untuk menjaga dan mempertahankan kelangsungan sumber daya air,” kata Arif dalam sambutannya mewakili Panitia Penyelenggara.

Arif menjelaskan biaya kegiatan bersumber dari APBD Kabupaten Kulon Progo dengan pengadaan tanaman pohon sekitar mata air sebanyak 1450 pohon senilai 145 juta rupiah yang didistribusikan kepada 11 Kelompok Tani Hutan di Kapanewon Samigaluh, Kalibawang, dan Pengasih.

 


“Pada saat ini juga ada CSR dari Perumda Air Minum Tirta Binangun Kulon Progo senilai 20 juta rupiah untuk pembelian pohon, penanaman pohon, sosialisasi, dan pupuk di 11 KTH tersebut,” jelasnya.

Disebutkan Arif, jenis bibit pohon yang diserahkan untuk ditanam antara lain gayam, beringin, aren, alpukat, petai, dan nangka.

“Pohon beringin, aren, dan gayam merupakan tanaman konservasi yang bersifat mengikat atau menyimpan air dalam sistem perakaran sehingga dapat mencegah kekeringan. Sedangkan, pohon nangka dan petai merupakan tanaman yang dianjurkan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X dan tanaman alpukat adalah tanaman buah yang mempunyai nilai komersial dan khas tumbuh di daerah dataran tinggi,” ujar Arif Martono. (Prd)

No comments:

Post a Comment