Thursday 30 November 2023

Perumda Tirta Binangun Kulon Progo Sengkuyung Penanaman Pohon untuk Melestarikan Mata Air

KALIBAWANG (KONSIKA NEWS) - Aksi nyata melestarikan mata air, Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Binangun Kabupaten Kulon Progo memberikan dukungan terhadap kegiatan penanaman pohon.

Tidak tanggung-tanggung, pihak perusahaan mengucurkan bantuan finansial sebesar 20 juta rupiah untuk membantu kegiatan penanaman pohon di sekitar mata air yang diprakarsai Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kulon Progo.

 


“Untuk kegiatan ini memang sangat positif sekali. Memang menjadi tujuan kita juga. Yang mana tidak lepas antara Perumda dengan penanaman pohon. Kaitannya sangat erat sekali. Karena kami yang jelas sangat-sangat mendukung dengan kegiatan ini,” kata Kepala SPI Perumda Air Minum Tirta Binangun, Slamet Triyanta, yang hadir mewakili Direktur dalam acara seremonial Penanaman Pohon di Sekitar Mata Air bertempat di kawasan Embung Dlingseng Kalurahan Banjaroyo Kapanewon Kalibawang, Kamis Pon (23/11/2023).

Ia menegaskan, dari tahun ke tahun Perumda Air Minum Tirta Binangun selalu bermitra dengan DLH Kulon Progo dalam kegiatan penanaman pohon di sekitar mata air.

“Kami tetap berusaha menggandeng, membantu dalam pelestarian penanaman pohon ini karena sangat erat hubungannya dengan mata air. Yang mana di dalam alirannya setelah dipakai oleh warga misal untuk kegiatan pertanian maupun rumah tangga aliran akhir kan di sungai. Lah sedangkan kita manfaatkan air sungai tersebut untuk kebutuhan Perumda Air Minum dalam hal pelayanan masyarakat di bagian Wates kota, Temon dan lain-lain,” tandasnya.

 


Slamet mengatakan, kelestarian mata air baik langsung maupun tidak langsung sangat berkaitan dengan ketersediaan air baku yang diolah oleh Perumda Air Minum Tirta Binangun.

“Ketika tidak ada pelestarian semacam ini, kami juga khawatir di musim-musim kemarau aliran sungai berkurang sehingga akan mengganggu operasional Perumda Air Minum dalam hal penyediaan air bersih,” kata dia. (Prd)

No comments:

Post a Comment