Thursday 9 November 2023

Apa Itu Dissolved Oxygen?, Simak Ulasan Berikut!

PENGASIH (KONSIKA NEWS) - Mengenali fungsi DO Meter sebagai salah satu alat ukur, tidak bisa kita lepaskan dari pemahaman kita terhadap Dissolved Oxygen (DO) sebagai salah satu paramater kualitas air. 

Dissolved Oxygen secara ilmiah didefenisikan sebagai jumlah oksigen terlarut dalam air atau suatu perairan. Oksigen dalam hal ini, larut ke dalam air melalui proses fotosintesis dan difusi oksigen dari udara. Tumbuhan-tumbuhan air seperti alga misalnya, menghasilkan oksigen yang larut ke dalam air melalui fotosintesis. Selain itu, gelombang ombak, air terjun, pusaran angin, dan fenomena alam lain juga mendorong oksigen untuk larut ke dalam air. 


Dapat ditegaskan bahwa kadar DO menjadi indikator mendasar kualitas air suatu perairan. Oksigen terlarut (dissolved oxygen) dibutuhkan oleh semua jasad hidup untuk pernapasan, proses metabolisme atau pertukaran zat yang kemudian menghasilkan energi untuk pertumbuhan dan pembiakan.

Besarnya jumlah oksigen yang tersedia dalam suatu badan air, menjadi gambaran sejauh mana badan air mampu menampung biota air seperti ikan dan mikroorganisme. Selain itu, kemampuan air untuk membersihkan pencemaran juga ditentukan oleh banyaknya oksigen yang terkandung didalamnya. 

Semakin besar nilai DO pada air, mengindikasikan air tersebut memiliki kualitas yang bagus. Sebaliknya jika nilai DO rendah, maka dapat dinilai bahwa air tersebut telah tercemar. (Panji)

No comments:

Post a Comment