Tuesday 21 November 2023

Tim UPT Laboratorium Lingkungan Kulon Progo Kunjungi UPTD Laboratorium Lingkungan Bantul

BANTUL (KONSIKA NEWS) - Kepala UPT Laboratorium Lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kulon Progo, Astuti, S.Si beserta rombongan mengunjungi UPTD Laboratorium Lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Selasa (14/11/2023)

Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Ibu Lucia Wiwik Kristianingsih,S.Si Kepala UPTD Laboratorium Lingkungan, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bantul.

Koordinasi dengan Lab DLH Kab.Bantul  terkait dengan persyaratan pengajuan Lab Akreditasi dan Teregistrasi.

Pengalaman UPT Lab Bantul untuk mencapai akreditasi, hal pertama yang dilakukan adalah memberi pemahaman ISO IEC 17025:2017 kepada seluruh personil lab dan struktural serta Laboratorium Lingkungan untuk dapat melakukan kegiatan uji laboratorium yang data hasil uji dapat diakui publik harus memenuhi persyaratan sebagai laboratorium TERAKREDITASI DAN TEREGISTRASI penyusunan dokumen mutu laboratorium.

Persyaratan SDM jumlah, jabatan dan kompetensi mengacu pada persyaratan KAN dan ruang lingkup parameter yang akan diujikan.

Struktur SDM ideal terdapat jabatan Manajemen Puncak, Koordinator Mutu, Koordinator teknis, analis, penyelia, petugas sampling dan pengadminitrasi.

Akreditasi yang berhak mengeluarkan adalah KAN (Komite Akreditasi Nasional), sedangkan untuk Registrasi dikeluarkan KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan). (Panji)

No comments:

Post a Comment