Thursday 30 November 2023

Rapat Bersama Perumda Air Minum Tirta Binangun dan Pansus DPRD Kulon Progo

PENGASIH (KONSIKA NEWS) - Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Binangun melakukan rapat kerja bersama dengan Panitia Khusus (Pansus) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kulon Progo di Ruang Rapat DPRD, Rabu Pahing (22/11/2023).

Menurut Kepala SPI Perumda Air Minum Tirta Binangun, Slamet Triyanta, materi pembahasan antara lain mengenai program percepatan air minum tahun 2024 dan SPAM Kamijoro.


“Kebetulan di tahun 2024 tidak ada MBR. Progam MBR yang sudah direncana dalam Perda, tahun 2024 itu ndak ada. Akhirnya dari pusat diganti dengan istilahnya percepatan. Yang mana percepatan itu yang penting kita nambah pelanggan, tidak memandang itu harus masyarakat ekonomi rendah, semuanya, yang penting mengacu untuk percepatan yang seharusnya kita di tahun 2024 ini nanti semua anggarannya dari APBN,” tutur Slamet yang hadir langsung bersama Kepala Bagian Administrasi dan Keuangan Waryady, S.E.,M.M didampingi beberapa staf.

Kalau dulu, lanjut Slamet, APBN yang disampaikan ke Pemda, atau Pemda memberikan penyertaan modal yang kemudian ditukar untuk syarat-syarat dengan MBR. Tetapi, untuk tahun 2024 mendatang tidak demikian halnya.

“Di samping itu, kita juga ada tambahan air baku dari Kamijoro, yang dulu itu regional tahun 2024 ini menjadi sebuah tambahan air baku khususnya untuk Kulon Progo dengan tambahan sekitar 150 lps yang harus kita serap dan kita upayakan,” ujar Slamet.


Penambahan SPAM itu diharapkan mampu mengatasi kendala pasokan air kepada para pelanggan di sejumlah wilayah.

“Yang jelas intinya, di tahun-tahun kemarin untuk idle capacity kita hampir habislah. Karena, dengan persediaan pengolahan air kita yang 400 liter per detik, pelanggan kami sudah 42 ribu. Akhirnya kemarin ada kritikan dari DPRD, mengapa kalau di tahun ini kalau di jam sibuk airnya sangat kritis atau nggak deras. Nah kami jawab, memang jujur saja kalau di jam sibuk penggunaan masyarakat lebih dari rata-rata,” beber Slamet.

Direncanakan, air dari SPAM Kamijoro ke depannya akan disuplesikan ke berbagai wilayah Kulon Progo. Menjangkau pelanggan di 6 Kapanewon meliputi Galur, Lendah, Panjatan, Wates, Temon, dan kawasan industri di Sentolo.

“Tanggapan dari DPRD sendiri sangat positif. DPRD sangat mendukung dengan upaya PDAM. Insya Allah masalah yang ke jalur Bandara teratasi, aman,” pungkas Slamet. (Prd)

No comments:

Post a Comment