Sunday 26 July 2020

PDAM Tirta Binangun Kabupaten Kulon Progo Siap Menghadapi Masa New Normal

KONSIKA NEWS, WATES - Memasuki masa New Normal dalam tatanan kehidupan baru setelah Virus Corona (COVID-19) mewabah, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Binangun Kabupaten Kulon Progo menyiapkan diri.

Direktur PDAM Tirta Binangun H. Jumantoro, S.E mengatakan, menghadapi New Normal, PDAM menerapkan sejumlah Standar Operasional Prosedur (SOP), baik kaitannya dengan internal maupun eksternal. 


“Secara internal, sudah kami terapkan sejak lama, sejak permulaan wabah COVID. Hanya tinggal membangun kepatuhan saja. Sebagai contoh, bagaimana ketika karyawan bertemu muka atau bersosialisasi dengan pelanggan maka harus menjaga jarak. Sudah kami siapkan berkaitan dengan segala sesuatu menuju new normal tersebut,” katanya.

Implementasinya, Pegawai PDAM dan tamu sebelum memasuki kantor diwajibkan memakai masker dan cuci tangan dengan sabun pada kran yang disediakan. Di pintu masuk, dilakukan pengukuran suhu tubuh menggunakan thermo gun. Apabila suhu tubuh melebihi 37,5oC, tidak diperkenankan memasuki ruangan kantor dan akan ditangani lebih lanjut.

Di bagian pelayanan, telah dipasang sekat transparan. Perlindungan berlapis dari percikan droplet, kepada karyawan yang bertugas, selain memakai masker juga mengenakan pelindung wajah face shield. 

Memastikan seluruh karyawan tidak tertular Corona, PDAM menyelenggarakan rapid test massal pada bulan Juni lalu bekerjasama dengan salah satu klinik kesehatan ternama di Yogyakarta.

“Total ada 137 orang yang menjalani rapid test. Alhamdulillah, dari hasil tes semua karyawan PDAM dinyatakan non reaktif. Namun begitu, protokol kesehatan harus tetap dipatuhi dan diutamakan,” tegas Direktur. (Prd)


No comments:

Post a Comment