Sunday 29 September 2019

Mengapa Hingga Kini, Fisika Bukan Mata Pelajaran Favorit Di Sekolah


NANGGULAN, konsikaku.blogspot.com- Ada pertanyaan yang sebetulnya mengusik bagi para guru Sains atau IPA, spesifik lagi guru Fisika ketika ditanya “Apakah pelajaran yang mereka ampu termasuk pelajaran favorit di sekolah”?. Mayoritas menjawabnya “Tidak”.

Demikian halnya saat siswa ditanya tentang pelajaran apa yang paling disukai di sekolah. Sebagian besar pasti dengan lantang menyebutkan pelajaran selain fisika. Jika ada yang menyebut pelajaran fisika, jumlahnya sangat minim dan tak seberapa banyak.

Kondisi di atas secara jujur diakui terjadi hampir di setiap sekolah di seluruh Indonesia baik di wilayah perkotaan maupun pedesaan, utamanya jenjang SMP/MTs sederajat atau SMA/MA/SMK sederajat. Tolok ukurnya bisa dicermati ada berapa siswa yang memilih pelajaran fisika untuk Ujian Nasional dan berapa persen dari jumlah siswa total.

Bukan kodrat fisika untuk menjadi pelajaran yang tidak disukai siswa. Evaluasi dan introspeksi mutlak harus dilakukan, terlebih Indonesia telah merdeka selama 74 tahun. Bisa jadi akar masalah yang ada di tiap sekolah tidak sama. Semua perlu disikapi secara arif sehingga ditemukan jalan keluar.

Sering kali siswa mengeluh pelajaran fisika materinya sulit, banyak rumusnya dan hitungannya panjang. Tak sedikit pula yang mengatakan pelajaran fisika tidak menarik. Kalau praktikum ribet dan laporannya membuat kepala pening. Ada lagi yang curhat guru fisika di sekolahnya berperangai galak sehingga menjatuhkan mental peserta didik. Sosok guru memang kadang dikambinghitamkan siswa ketika nilai fisikanya jelek. Ada yang bilang saat penyampaian materi terasa hambar dan monoton sehingga cepat bosan, bahkan ada yang sampai mengantuk dan kemudian terlelap.

Terlepas dari curhatan siswa, wajib menjadi pekerjaan rumah dan tugas bersama untuk segera berbenah. Siswa senang mempelajari fisika, memahami materi dengan baik, mengembangkan ide-ide kreatif sehingga prestasi dan hasil belajarnya mengalami peningkatan, hendaknya menjadi tujuan mulia. Jika kelak mereka lulus kemudian ada yang bertanya, “Dulu saat kamu sekolah, pelajaran apa yang disukai”? semua sepakat menjawab “Fisika”. Ketika ditanya “Siapa guru terfavorit di sekolah”? dengan bangga menjawab “Guru fisika”. Dan saat ada pertanyaan “Nilaimu paling bagus pada mata pelajaran apa”? tegas dijawab “Fisika”. Dengan demikian, fisika akan dikenang sebagai pelajaran yang membuat bahagia, berprestasi akademik dan berbudi pekerti. (Konsika Kulon Progo/Mas Pardy)



No comments:

Post a Comment