Thursday 22 February 2024

Rencana Kerja Bidang Usaha Koperasi KaryawanTirta Sari Tahun 2024 : Begini Penjelasannya!

WATES (KONSIKA NEWS) – Bagian dari upaya strategis dalam melaksanakan program kegiatan organisasi, jajaran kepengurusan Koperasi Karyawan Tirta Sari Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Binangun Kabupaten Kulon Progo telah menyusun rencana kerja untuk tahun buku 2024 baik di bidang organisasi dan administrasi, bidang usaha, maupun bidang keuangan.

Ketua I Kopkar Tirta Sari Sri Suyati, S.M menjelaskan pada tahun ini koperasi akan mengandalkan 3 (tiga) usaha meliputi simpan pinjam, perdagangan, dan jasa konstruksi.


“Untuk usaha simpan pinjam, terdapat beberapa strategi yang akan ditempuh. Antara lain, meningkatkan jumlah anggota koperasi dari karyawan baru maupun tenaga kontrak dan honorer, melakukan peninjauan ulang suka bunga simpanan maupun suku bunga pinjaman, dan melakukan promosi penawaran produk dan layanan kepada anggota dengan simulasi pinjaman untuk memberi pemahaman tentang manfaatnya bagi anggota melalui media sosial,” jelas Sri Suyati yang terpilih kembali menjadi Ketua Koperasi untuk masa bakti 2024-2026 dalam forum Rapat Anggota Tahunan di RM. Ayam Bebek Berontak Tawangsari, Jum’at Pon (16/2/2024).

Sementara itu, untuk meningkatkan penjualan produk dan layanan perdagangan koperasi, pihaknya akan menempuh sejumlah langkah. Contohnya, diversifikasi produk dengan mengidentifikasi kebutuhan dari para anggota karyawan, menjalin kemitraan dengan pemasok, dan pengadaan perlengkapan kantor untuk kebutuhan perusahaan.


Ditambahkan, pihaknya akan membangun kerjasama/kemitraan dengan pihak ketiga guna membantu Perumda Air Minum Tirta Binangun Kulon Progo dalam memberikan jasa konstruksi pemasangan sambungan baru.

Menurut Sri Suyati, Koperasi Karyawan Tirta Sari juga berkomitmen turut serta dalam penjualan dan pemasaran Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) “airKU”.


“Sistem penjualan (yang dibangun koperasi-red) melalui unit-unit pelayanan Perumda Air Minum Tirta Binangun se-Kulon Progo, pelayanan kemitraan dengan perhotelan, rumah sakit dan bandara dengan memberikan fasilitas dispenser dan showcase, serta menerima pelayanan harga grosir (kulakan) untuk dipasarkan kembali secara retail,” terangnya. (Prd)

No comments:

Post a Comment