Wednesday 21 February 2024

DLHK DIY Gelar Bimtek Kalpataru Untuk Persiapan Penghargaan Kalpataru Tingkat DIY

YOGYAKARTA (KONSIKA NEWS) - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kulon Progo menghadiri Bimtek Kalpataru di DLHK DIY (Selasa 20/02/2024).

Bimbingan teknis Kalpataru ini dihadiri oleh perwakilan dari DLH Kabupaten/Kota dan calon peserta Kalpataru masing-masing Kabupaten/Kota.

Dalam bimtek ini dijelaskan bahwa Kalpataru merupakan penghargaanuntuk individu atau kelompok yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan secara luas.


Penghargaan Kalpataru sudah dimulai sejak tahun 1980 hingga sekarang dengan 4 kategori yaitu Penyelemat Lingkungan, Perintis Lingkungan, Pembina Lingkungan, Pengabdi Lingkungan.

Untuk kegiatan penghargaan Kalpataru tingkat DIY rencana akan dilaksanakan mulai bulan Mei 2024 hingga Juli 2024, dan untuk penyerahan penghargaan akan diberikan pada bulan September 2024.

Untuk teknis tahapan penghargaan kalpataru ini dimulai dengan pengajuan calon peserta kalpataru dari kabupaten/kota, penyampaian dokumen administrasi, verifikasi dokumen, verifikasi lapangan.

Saat ini Kabupaten Kulon Progo pada masing masing kategori sudah memiliki kandidat atau calon akan tetapi masih perlu digali atau dilakukan pembinaan serta pendampingan agar nantinya kandidat yang akan diajukan dapat memperoleh hasil yang maksimal. (Anityas)

No comments:

Post a Comment