Sunday 11 February 2024

Kapasitas Produksi SPAM Klangon Kalibawang Hanya 50 Persen : Karena Sedang Diperbaiki

KALIBAWANG (KONSIKA NEWS) – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Binangun Kabupaten Kulon Progo melakukan perbaikan terhadap filtrasi pada Instalasi Pengolahan Air (IPA) SPAM Klangon, Senin Wage (12/2/2024).

Meski sedang diperbaiki, SPAM tersebut masih dapat beroperasi untuk memproduksi air bersih. Namun, hanya 50 % dari kapasitas normal.


Kasubag Produksi dan Pemeliharaan Peralatan Teknik Perumda Air Minum Tirta Binangun, Sumarjo, menjelaskan IPA tersebut harus segera diperbaiki lantaran terdapat kebocoran pada saringan pasir.

“Kerusakan pada saringan pasir bocor sehingga tidak dapat menyaring air yang berdampak pada kualitas air bersih. Air hasil olahan menjadi tidak jernih/keruh,” jelasnya ketika dihubungi awak media.

Menurut Sumarjo, proses perbaikan yang dimulai Senin pagi itu dimungkinkan memerlukan waktu agak lama.

“(Perkiraan) Sampai jam 17.00 karena harus pasang besi penahan lantai filter/saringan agar tidak gerak saat dioperasikan,” ujarnya.


Pekerjaan perbaikan di SPAM Klangon berpengaruh terhadap kelancaran distribusi air bersih bagi pelanggan di beberapa wilayah. Mencakup, Banjaroyo, Banjarharjo, Banjararum, dan Kapanewon Nanggulan.

Melalui berbagai media sosial, pihak perusahaan telah menyampaikan pemberitahuan resmi sehari sebelumnya. Agar, pelanggan mempunyai kesempatan untuk menampung air terlebih dahulu sesuai dengan kebutuhan. (Prd)

No comments:

Post a Comment