Tuesday 19 September 2023

Teaching Factory di SMK N 1 Panjatan Datangkan Narasumber dari Perumda Air Minum Tirta Binangun

PANJATAN (KONSIKA NEWS) – SMK Negeri 1 Panjatan menghadirkan narasumber dari Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Binangun Kabupaten Kulon Progo dalam kegiatan Teaching Factory yang digelar di sekolah setempat pada Selasa Pon (19/9/2023).

Bertindak sebagai narasumber adalah Kepala Unit AMDK Perumda Air Minum Tirta Binangun, Meiritanto, S.E.

“Kehadiran kami di SMK 1 panjatan adalah untuk merespon atau kami diundang dalam rangka pelaksanaan teaching factory untuk menambah wawasan tentang ke-PDAM-an dalam hal ini airKU. Jadi pihak sekolah meminta narasumber tentang pengolahan Air Minum Dalam Kemasan dan yang dituju adalah pabrik yang ada di Kulon Progo,” ungkap Meiritanto kepada awak media setelah kegiatan.


Sesuai dengan permintaan dari pihak sekolah, ia menyampaikan materi tentang proses pengolahan atau proses produksi air “KU” dimulai dari bahan baku sampai menjadi barang jadi, termasuk proses pendistribusian dan pengawasan.

“Pesertanya berasal dari kalangan guru dan karyawan, sekitar 30 orang,” ujarnya.

Pasca kegiatan teaching factory, dimungkinkan terdapat MoU atau kerjasama antara sekolah dengan Perumda Air Minum Tirta Binangun. Contohnya, berkaitan dengan penempatan siswa praktik kerja industri (prakerin) untuk proyeksi tahun 2024.

“Direncanakan tanggal 29 mendatang ada pertemuan lagi. Nantinya Insya Allah jika memang Pak Direktur berkenan untuk tempat magang, maka mungkin bisa jadi akan ada tindak lanjut ke MoU-nya,” kata Meiritanto. (Prd)

No comments:

Post a Comment