Wednesday 27 September 2023

Rapat Persiapan Readiness Criteria SPAM Kamijoro, Perumda Air Minum Tirta Binangun Turut Berpartisipasi

WATES (KONSIKA NEWS) – Sebagai koordinasi tindaklanjut penyiapan Readiness Criteria (RC) pembangunan SPAM Kamijoro, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Kulon Progo menyelenggarakan rapat koordinasi di Ruang Rapat Nglinggo Bappeda dan Zoom Meeting, Selasa Legi (12/9/2023).

Perwakilan dari Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Binangun bersama dengan sejumlah terkait lainnya seperti BPPW DIY, BBWS SO, DPUP ESDM DIY, DPUPKP, DLH, dan Bagian Pemerintahan Setda Kulon Progo mengikuti rapat tersebut.

Secara keseluruhan rapat membahas mengenai 12 (dua belas) RC yang harus dipersiapkan oleh Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, antara lain Dokumen Studi Kelayakan/ Feasibility Study (FS), Surat Ijin Pemanfaatan Air (SIPA/ IPSDA), Surat Usulan Progam dan Pernyataan Kepala Daerah, Informasi Idle Capacity, DED dan RAB, Dokumen RISPAM, Sertifikat Kesiapan Lahan, Dokumen Lingkungan dan izin Lingkungan, Nota Kesepakatan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah serta KSDD antara Pemkab Kulon Progo dan Pemkab Bantul, dan Perijinan lainnya (Bina Marga, BBWS SO, KAI, Pertamina, PLN, Dinas Kebudayaan).


Tangkapan citra satelit lokasi SPAM Kamijoro (Dok. Simpulkpbu Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat)

Khusus mengenai Informasi Idle Capacity akan disiapkan oleh Perumda Air Minum Tirta Binangun. Termasuk juga daftar tunggu penyerapan SR serta penjelasan detail terkait kapasitas dan breakdown penyerapan air.

Dalam rapat tersebut, perwakilan dari Perumda Air Minum Tirta Binangun mengungkapkan jika saat ini di wilayah selatan terdapat defisit pelayanan, dengan eksisting 80 liter per detik yang didistribusikan kepada sekitar 1.000 pelanggan.

Harapannya, kendala itu mampu teratasi dengan keberadaan SPAM Kamijoro dan saat nanti sistem Kamijoro sudah beroperasional maka akan langsung di-tapping-kan dari saluran eksisting.

Sebagaimana diketahui, SPAM Kamijoro merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN). Dimana dalam perkembangannya, skema pembangunan SPAM Kamijoro diubah yang semula direncanakan melalui skema regional dengan mekanisme KPBU menjadi skema non regional yang didanai dari APBN dan didorong pembangunannya pada tahun 2024.

Dengan demikian, penyiapan Readiness Criteria (RC) pada tahun 2023 sangat diperlukan sebagai kelengkapan untuk mendukung proses lelang konstruksi sehingga awal tahun 2024 pembangunan fisik dapat terlaksana.

Menurut rencana, pembangunan tahap pertama tersebut akan diperuntukkan bagi wilayah Kabupaten Kulon Progo dengan kapasitas 300 liter per detik. (Prd)

No comments:

Post a Comment