Tuesday 26 September 2023

Begini Cara Memantau Kualitas Udara Ambien Dengan Metode Passive Sampler

 PENGASIH (KONSIKA NEWS) - Pemantauan udara ambien merupakan salah satu upaya untuk mengevaluasi tingkat keberhasilan program pengendalian pencemaran udara. Hasil pemantauan udara ambien dapat dijadikan indikator untuk menentukan prioritas program pengendalian pencemaran udara yang perlu dilakukan. Pengendalian Pencemaran Udara yaitu melalui metode manual (passive sampler).

Metode passive sampler pertama kali dikembangkan di Inggris dengan menggunakan Pb Candle untuk menjerap polutan sulfur dioksida (SO2) di udara ambien, kemudian dianalisis di laboratorium untuk mengetahui kadar/konsentrasi sulfur dioksida yang terukur. Sejalan dengan perkembangan teknologi, maka penggunaan Pb dihilangkan dan diganti dengan bahan kimia yang ramah lingkungan. Metode passive untuk mengukur mutu udara ambien sampai saat ini masih dipakai dalam pemantauan mutu udara ambien dan sudah diterapkan di jaringan pemantauan di luar negeri seperti dari EANET, Jepang, Australia maupun Eropa.


Pada tahun 2023 ini Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kulon Progo melakukan pemantauan dengan metode passive sampler di 13 titik lokasi pemantauan yang tersebar di 12 Kecamatan. Berikut dapat dilihat lokasi pemantauan mutu udara ambien dengan metode passive sampler yang dilakukan.

No

Lokasi

1

Jl. Sekitar Kiskendo, Jatimulyo, Girimulyo

2

Perempatan Kenteng Nanggulan, Kembang, Nanggulan

3

Jl. Plono, Plono Timur, Pagerharjo, Samigaluh

4

Jl. Ngentakrejo, Ngentakrejo, Lendah

5

Pertigaan Brosot, Koramil Brosot, Galur

6

Perumahan Gondangdia, Margosari, Pengasih

7

Kawasan Peruntukan Industri Sentolo, Tuksono, Sentolo              

8

Perempatan Ngeplang, Kompleks Mako Brimob, Sentolo

9

Perempatan Dekso, Kalurahan Banjararum, Kalibawang

10

Kantor cabang BRI Wates,Jl. Wates-Purworejo, Karangnongko Wates

11

Sekitar PT. Aneka Sinendo, Banguncipto, Sentolo

12

Permukiman Kasatriyan Giripeni, Giripeni, Wates

13

DLH Kulon Progo, Jl. Sugiman, Watulunyu, Pengasih

Prinsip Kerja Pemantauan SO2 dan NO2 di udara ambien tahun 2011, metode passive sampler adalah suatu metode yang menggunakan sistem penyerapan gas secara difusi melalui media yang dipaparkan dalam waktu tertentu tanpa menggunakan pompa penghisap dengan memanfaatkan sifat fisis gas yang berdifusi dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah. Periode pemaparan di udara yaitu 2 kali dalam 1 tahun (mewakili musim penghujan dan musim kemarau) dengan durasi pemantauan masing-masing tahap yaitu selama 14 hari. Metode passive sampler memiliki beberapa keuntungan tidak memerlukan energy listrik, biaya murah dan mudah ditempatkan karena berukuran kecil.(Panji)

No comments:

Post a Comment