Thursday 8 October 2020

26 Pegawai Perumda Air Minum Tirta Binangun Kabupaten Kulon Progo Mengikuti Pelatihan Di Kaliurang

KONSIKA NEWS, SLEMAN – Pegawai Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Binangun Kabupaten Kulon Progo sebanyak 26 orang mengikuti pelatihan terkait Metode Pendistribusian Air dan Teknik Pemeliharaan Perpipaan.

Bertempat di Griya Persada Convention Hotel & Resort Kaliurang Jl. Boyong No. 99 Bojong  Hargobinangun Pakem Sleman, pelatihan dilaksanakan selama 1 (satu) hari, Senin (5/10/2020). Narasumber pelatihan adalah Andreas Arie Setiawibowo dari PT. Urip Gumulya Semarang.



Direktur Perumda Air Minum Tirta Binangun H. Jumantoro, S.E mengatakan, tujuan pelatihan agar pendistribusian air dan pemeliharaan perpipaan di Kabupaten Kulon Progo ke depan akan lebih baik lagi.

“Setelah mengikuti pelatihan, peserta yang sebagian besar bertugas di operator dan distribusi bisa memahami dan mengimplementasikan metode-metode yang dipaparkan narasumber,” harap Jumantoro.



Salah satu peserta Listanto Johan Kusnandhy menuturkan, banyak ilmu dan wawasan pengetahuan yang diperoleh dari pelatihan.

“Antara lain tentang air valve atau angin-angin.  Udara itu memiliki massa, meskipun sangat kecil apabila di dalam sistem perpipaan bisa mempengaruhi aliran air. Oleh karena itu, kita membutuhkan air valve agar pendistribusian air tidak terganggu oleh udara yang terjebak di dalam pipa,” tuturnya.



Listanto menambahkan, dalam jaringan pipa pendistribusian air, sepanjang 600-700 meter pipa diusahakan terdapat 1 air valve. Selain untuk menghindari pipa kanginan, air valve juga dapat berfungsi untuk menstabilkan tekanan air dalam pipa jaringan.

“Yang perlu diketahui bersama, ukuran lubang air valve menyesuaikan dengan pipa yang akan dipasangi. Ukuran untuk lubang air valve adalah sepertiga dari diameter pipa. Contoh, misal pipa yang dipasang 12 inch maka air valve nya 4 inch,” ujar Listanto mengisahkan pengetahuan yang diperolehnya saat pelatihan. (Prd)

No comments:

Post a Comment