Thursday 7 November 2019

Soal Latihan Fisika dan Pembahasan Materi Gerak Untuk SMP/SMA/SMK/MA


TANJUNGHARJO, konsikaku.blogspot.com- Temen-temen semua pada kesempatan ini admin ingin membahas soal fisika mengenai gerak, khususnya tentang perpindahan. Pertanyaan ini diajukan oleh teman kami beberapa waktu lalu.

Zafran yang sedang nonton TV di A, tiba-tiba ingin mengambil es krim vanilla di B. Zafran segera menuju B dengan digambarkan dengan garis putus-putus pada gambar berikut. Besar perpindahan Zafran adalah…. (soal selengkapnya lihat gambar yach, kami upload seperti aslinya dari kiriman teman)
      A.      177 m
      B.      150 m
      C.      130 m 
      D.      100 m
      E.       50 m
     


Pembahasan:
Perpindahan jika dikaji dari konsep fisika adalah panjang garis lurus yang menghubungkan antara titik/posisi awal benda dengan posisi akhir benda. Ditinjau dari jenisnya, perpindahan termasuk ke dalam besaran vector.

Gambar tersebut harus diamati secara jeli sehingga kita bisa melihat bahwa jari-jari lingkaran adalah 20 meter. Dengan demikian panjang sisi tegak dapat kita cari dengan 30 + 20 = 50 m dan panjang sisi mendatar adalah 40 + 20 + 60 = 120 m.



Langkah berikutnya tinggal kita mencari besar perpindahan dengan menghitung panjang sisi miring AB melalui teorema phytagoras. Hasilnya akan diperoleh angka 130 m.

Semoga Bermanfaat.
Oleh: Konsika Kulon Progo
Salam Konsika (Fisika Asyik - Kulon Progo Menarik - Jogja Istimewa)


No comments:

Post a Comment