Monday 25 November 2019

Kembali Ditemukan Ribuan Ikan Mati Di Dekat Pantai Trisik Kulon Progo


GALUR, konsikaku.blogspot.com- Beberapa bulan lalu publik di Kulon Progo dikejutkan dengan matinya ribuan ikan yang berada di dekat laguna Pantai Trisik Kulon Progo. Kini kejadian serupa kembali berulang pada Jumat (22/11/2019). Hal tersebut disampaikan oleh Suryanto, salah satu penggiat lingkungan dan perikanan anggota grup jejaring LHK-KP.

“Ikan nila budidaya yang mati akibat kincir macet, lalu bangkainya dibuang di sungai” tulisnya melalui pesan singkat sembari mengirimkan beberapa foto dokumentasi.

Gambar. Foto Ribuan Ikan Mati di Dekat Pintu Air Kawasan Pantai Trisik Kulon Progo (Foto: Suryanto)


Suryanto menambahkan lokasi bangkai ikan berada di dekat suangan, sebelah timur dekat pintu penutup air pasang. Akibat pintu gejlik (pintu air-red) sudah terbuka akhirnya bangkai ikan pun menyebar hingga kemana-mana.  

“Tadi ada teman yang cek. Katanya sudah bersih, habis dibuka gejliknya begitu. Bangkai ikan masuk ke muara sebagian ke laut, baunya mantap. Banyak yang menyangkut di tepian karena terjadi pasang surut” imbuhnya.

Menanggapi peristiwa tersebut, Sugiharto Penggiat Lingkungan lainnya mengatakan jika dibandingkan dengan laguna, relatif tidak mengganggu karena sudah terbawa arus sungai. Namun jika sungai tidak mengalir pastinya akan mengganggu terutama dampak bau busuk.

Gambar. Foto ikan-ikan yang tersangkut di tepian aliran sungai (Foto; Suryanto)


“Sebetulnya bangkai ikan merupakan material organik yang akan terdekomposisi oleh bakteri dan sebagian ada yang dimakan binatang atau ikan lainnya. Jika terjadi arus pasang dan juga air dari hulu sungai akan menetralisir pencemaran tersebut. Dan lambat laun akan segera hilang. Kalau laguna kan airnya tidak bisa ganti, hanya tambah jika ada pasang gelombang, maka tingkat pencemarannya lebih lama.

Terhadap permasalahan yang ada, pihaknya menyebut agar dipetakan terlebih dahulu simpul-simpul masalahnya. Dengan demikian, bisa lebih mudah menemukan solusi terkait siapa atau pihak mana yang perlu diajak rembugan dan bisa dilihat arah mana yang dapat ditempuh jika harus mendorong adanya kebijakan dari instansi pemerintah terkait. (Konsika Kulon Progo/Mas Pardy) 

No comments:

Post a Comment