Monday 4 November 2019

Pordes Tanjungharjo Tahun 2019, Tanggulangin Kampiun 2 Cabor


NANGGULAN, konsikaku.blogspot.com- Tahun 2019 menjadi tahun keberuntungan bagi Pedukuhan Tanggulangin. Dalam partisipasinya mengikuti Pekan Olahraga Desa (Pordes) Desa Tanjungharjo Tahun 2019, Pedukuhan yang berada di wilayah Kecamatan Nanggulan Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta ini berhasil menyabet gelar Juara 1 dalam 2 cabang olahraga, yakni tenis meja dan gobak sodor.

Tim tenis meja Dusun Tanggulangin yang digawangi pemain kawakan Sunarto keluar menjadi pemenang usai di partai final menundukkan tim kuat Dusun Klajuran. Tim Tanggulangin menyapu bersih semua partai di cabang ini. Pemain lainnya seperti Sulistyo, Ratno, dan Supriyanto pun bermain cantik. Tim ini mampu lolos ke final, usai melibas tim Pedukuhan Sadang pada babak semifinal sebelumnya.

Enggan kalah dengan kaum bapak, tim emak-emak Dusun Tanggulangin pun mempersembahkan gelar Juara 1 dari cabang Gobak Sodor. Pada babak final yang digelar pada Minggu (4/11/2019), emak-emak Tanggulangin membuktikan keperkasaannya. Strategi yang diramu tim pimpinan Suratinem ini mampu mempecundangi lawan-lawannya sehingga dapat menang dengan mudah. Kekompakan, kerjasama, dan gesitnya pemain menjadi modal utama meraih kemenangan pada olahraga tradisional ini.

Selain meraih juara dari cabor tenis meja dan gobak sodor, cabang lainnya yaitu voli, tim Tanggulangin juga meraih gelar. Meski hanya mampu menjadi juara 2, namun tetap menjadi kebanggaan tersendiri. Sebab, pada cabang ini tim Tanggulangin sebenarnya tidak termasuk unggulan. Berkat teknik dan kepiawaian Agus Riyanto sang manajer, tim Tanggulangin berbalik menjadi kuda hitam. Alhasil Suyatno cs mampu menembus partai final usai menekuk lutut tim voli dari Dusun Kemukus. Di final, tim ini dipaksa mengakui keunggulan tim kuat Klajuran lewat permainan sengit.
Tim voli Tanggulangin meraih Juara II berhak atas trophy dan uang pembinaan sebesar 1,2 juta rupiah. (Foto: Siti)

Pordes memang menjadi ajang yang cukup bergengsi bagi setiap pedukuhan/dusun untuk membuktikan kedigdayaan dan prestasinya. Bermodalkan 2 gelar Juara 1 dan 1 gelar Juara 2, Pedukuhan Tanggulangin menatap optimis dan layak dinobatkan sebagai Juara Umum Pekan Olahraga Desa (Pordes) Desa Tanjungharjo Tahun 2019. (Konsika Kulon Progo/Mas Pardy)

No comments:

Post a Comment