WATES (KONSIKA NEWS) - Tarif air minum pada Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Binangun Kabupaten Kulon Progo mengalami penyesuaian. Dibandingkan sebelumnya, tahun ini terdapat peningkatan tarif.
Direktur Perumda Air Minum Tirta Binangun Kabupaten Kulon Progo H. Jumantoro, S.E mengatakan, proses tahapan untuk penyesuaian tarif sudah dilakukan sejak Februari tahun lalu.
Tahap-tahap yang dilalui antara lain rapat koordinasi tim penyesuaian tarif air minum pada Juni 2024, studi tiru penyesuaian tarif air minum di Perumda Air Minum Tirto Negoro Kabupaten Sragen pada Juli 2024, temu pelanggan dan sosialisasi tarif 2025 di masing-masing wilayah cabang pada Agustus 2024, dan harmonisasi draft Raperbup tarif dengan Kanwil Kementerian Hukum dan HAM DIY pada November 2024.
“Alhamdulillah di November kemarin sudah ditandatangani untuk Perbup tarif (Peraturan Bupati Nomor 50 Tahun 2024-red) dan sudah kami sosialisasikan ke pelanggan. Dan kenaikan yang untuk domestik itu hanya Rp 300,-, dari Rp 3.700,- ke Rp 4.000,-,” kata Jumantoro ketika ditemui SWARA TIRTA di ruang kerjanya, Sabtu Pahing (25/1/2025).
Ia menambahkan, untuk yang pelanggan industri atau pelanggan khusus seperti bandara dan perhotelan tarifnya disesuaikan dari Rp 15.000,- menjadi 20.000,-. Kenaikan tarif tersebut dikarenakan sudah hampir 5 tahun sejak 2019 belum ada penyesuaian.
“Kalau dibandingkan dengan PDAM-PDAM atau BUMD di Kabupaten/Kota yang lain, tarif Rp 20.000,- itu sebenarnya masih termasuk sangat murah. Ada yang Rp 27.000,- paling rendah. Bahkan, ada yang Rp 35.000,- per meter kubik,” imbuhnya.
Jumantoro mengharapkan, dengan penyesuaian tarif dapat memberikan daya ungkit bagi Perumda Air Minum Tirta Binangun dalam meningkatkan pelayanan.
“Jadi, pada saat sosialisasi tentang penyesuaian tarif ini kami memang menjanjikan harus ada peningkatan pelayanan yang dirasakan oleh pelanggan. Oleh sebab itu, kita itu harus dekat dengan pelanggan. Ada semacam apa ya kepuasan tersendiri di internal, bahwa kami mampu memberikan hal yang terbaik yang kami miliki. Jadi, kami berusaha memberikan yang terbaik yang kami ada, yang kami miliki. Jadi, seberapapun peningkatan pelayanannya tetap akan kami upayakan,” ujarnya.
Jumantoro menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada masyarakat Kabupaten Kulon Progo khususnya yang menjadi pelanggan Perumda Air Minum Tirta Binangun, karena dapat memahami latar belakang penyesuaian tarif dan taat dalam melakukan transaksi pembayaran rekening air.
“Ini sesuatu karakter, kultur, budaya masyarakat Kulon Progo yang sangat luar biasa. Jadi, sekalipun mungkin ada ganjalan dan sebagainya itu hal yang lumrah, wajar. Siapapun lah, termasuk saya pun misalnya, kemudian tiba-tiba ada perubahan kita pasti akan menanyakan. Itu hal yang lumrah, wajar, dimanapun manusiawi. Dan, kita menyadari ini suatu keharusan. Karena, kalau tidak ada penyesuaian tarif nanti operasional kita dikhawatirkan nanti akan terganggu,” tutupnya. (Prd)
No comments:
Post a Comment