Wednesday 12 June 2024

Pertemuan Rutin Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Kulon Progo, Perumda Air Minum Tirta Binangun Kejatah Penyelenggara Bulan Juni

WATES (KONSIKA NEWS) – Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Binangun Kabupaten Kulon Progo mendapatkan giliran menjadi penyelenggara pertemuan rutin Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Kulon Progo Bulan Juni 2024.

Mengangkat topik “Peran Perumda Air Minum Tirta Binangun Dalam Ikut Serta Membangun Kulon Progo dan Bela Beli Kulon Progo Bersama AirKu”, pertemuan digelar di Aula Adikarto Komplek Pemkab Kulon Progo, Jum’at Kliwon (7/6/2024).

Di hadapan hadirin yang berjumlah lebih dari 50 orang, Direktur H. Jumantoro, S.E menerangkan profil Perumda Air Minum Tirta Binangun, menyangkut Visi, Misi, dan Program Kegiatan.

 


Jumantoro menjelaskan, Visi Perumda Air Minum Tirta Binangun adalah menjadi perusahaan air minum yang sehat, mandiri, dan profesional. Sedangkan, misinya yaitu menyediakan air minum yang memenuhi kualitas, kuantitas, dan kontinuitas yang dapat dipertanggungjawabkan, melakukan pengelolaan usaha secara profesional dengan teknologi tepat guna dan prinsip-prinsip manajemen, meningkatkan sumber daya manusia, dan turut berpartisipasi dalam mengemban tanggung jawab sosial perusahaan.

Diterangkan Jumantoro, Perumda Air Minum Tirta Binangun mempunyai sejumlah program dan kegiatan unggulan antara lain pemasangan Sambungan Rumah (SR) Gratis, SR Promo, Pengembangan Jaringan, Pengembangan Produk Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) AirKu (Botol Premium/Kaca), Kerjasama dengan SMK (Pembuatan IPA), Zona 100% Penggunaan Air (SL dan AMDK), Pelayanan Bandara YIA (Tim Pelayanan Khusus Bandara), dan SPAM Kamijoro.

 


Jumantoro menuturkan, pembangunan SPAM Kamijoro yang berlokasi di Wonobroto Kalurahan Tuksono Kapanewon Sentolo mempunyai tujuan pengembangan sarana dan prasarana air bersih. Proses pembangunan SPAM memasuki Tahap I dan tahun ini dilaksanakan pengerjaan sarana prasarana berupa Instalasi Pengolahan Air (IPA) dan reservoir.

Jumantoro optimis, keberadaan SPAM Kamijoro nantinya akan berkontribusi besar dalam pembangunan di Kabupaten Kulon Progo.

Pihaknya memastikan infrastruktur SPAM Kamijoro yang ada dapat bermanfaat bagi masyarakat dan terkelola dengan baik, sehingga masyarakat dapat menikmati akses air bersih melalui pembangunan SR untuk wilayah Kapanewon Lendah, Galur, Panjatan, Temon, Wates, dan Sentolo.

 


Di sisi lain, dalam rangka mendukung pelaksanaan dan pencapaian SDGs (Sustainable Develpoment Goals), Perumda Air Minum Tirta Binangun selaku produsen AMDK AirKu telah ikut serta membantu Pemerintah Kabupaten Kulon Progo melakukan pengelolaan sumber daya alam melalui praktik-praktik inovatif daerah yang tertuang dalam semangat Bela Beli Kulon Progo.

Sementara itu, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Kulon Progo Ny. Arieta Anis Suprapti Triyono, S.Si mengatakan, dengan adanya Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) AirKu yang pemasarannya dikemas dalam ideologi ”Bela dan Beli” produk lokal, maka seluruh instansi pemerintah, sekolah, kantor-kantor kalurahan/kapanewon, dan acara pernikahan, hingga kegiatan-kegiatan sosial yang lain didorong untuk menggunakan AirKu.

Ny. Arieta mengharapkan ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan berperan aktif dalam menguatkan gerakan Bela Beli Kulon Progo tersebut.

Dalam hal kerumahtanggaan, ia berpesan kepada ibu-ibu Dharma Wanita agar memantau putra-putrinya saat mengakses gadget terutama selama libur sekolah. Anak-anak agar diarahkan untuk melakukan hal-hal positif atau beraktivitas sesuai dengan keterampilan diri. (Prd)

No comments:

Post a Comment