Wednesday 26 June 2024

Kualitas Air Sungai Dapat Dipantau Real Time dengan EWS Onlimo

PENGASIH (KONSIKA NEWS) - Perangkat Early Warning System (EWS) Onlimo (Online Monitoring) merupakan sistem pemantauan kualitas air secara kontinu, otomatis, dan online.

Sistem Perangkat Early Warning System (EWS) Onlimo merupakan program dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia yang ditempatkan di berbagai titik sungai di Indonesia yang terintegrasi secara langsung oleh website KLHK RI.


Hasil pemantauan kualitas air di seluruh Indonesia dapat diakses oleh masyarakat umum melalui alamat situs di website Status Mutu Air KLHK RI pada https://ppkl.menlhk.go.id/onlimo-2022/.

Pada website, kualitas air KLHK RI terdapat simbol warna hijau untuk status mutu yang sesuai baku mutu, warna biru untuk status mutu cemar ringan, warna kuning untuk status mutu cemar sedang, dan warna merah untuk status mutu cemar berat.

Berdasarkan hasil pemantauan Sistem Perangkat EWS Onlimo pada Sungai Serang bagian hilir sebelah selatan Jembatan Karangwuni ke arah Pantai Glagah, pada bulan Juni 2024 didapatkan kondisi status mutu air cemar sedang. (Wulan)

No comments:

Post a Comment