Thursday, 14 August 2025

Sat Set, Petugas Perumda Air Minum Tirta Binangun Kulon Progo Tangani Aduan Masyarakat

PANJATAN (KONSIKA NEWS) - Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Binangun Kabupaten Kulon Progo berkomitmen memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Sebagai aksi nyata, adalah ketika PDAM melakukan penanganan terhadap aduan pelanggan.  

Kepala Hubungan Langganan Perumda Air Minum Tirta Binangun Sutopo mengungkapkan, belum lama ini pihaknya menerima aduan yang diunggah oleh salah satu pelanggan ke media sosial (medsos) di luar medsos resmi PDAM.


“Memang benar ada kejadian yang seharusnya tidak terjadi. Kronologi berawal dari pengaduan pelanggan yang kurang mengerti tentang mengenal kendala atau masalah tentang aliran. Sehingga ketika tidak mengalir, langkah yang dilakukan juga tidak pas yaitu ke medsos dan terjadi miskomunikasi,” ungkapnya kepada wartawan, Senin Kliwon (11/8/2025).

Dikatakan Sutopo, aduan yang diterima pada Minggu Wage (10/8/2025) sekitar pukul 20.06 WIB tersebut kemudian langsung direspon untuk ditindaklanjuti malam itu juga.


“Saya perintahkan langsung mencari tempat kejadian dan tidak lebih dari 2 jam petugas sudah bisa menemukan pelanggan tersebut, dan menemukan pokok masalahnya yaitu meter di pelanggan tertutup yang menyebabkan aliran mati,” ujarnya.

Selain mengatasi masalah air tidak mengalir, dalam kesempatan tersebut petugas PDAM juga memberikan edukasi kepada pelanggan perihal cara-cara mengenali gangguan pelayanan.

“Kami menyosialisasikan atau mengedukasi pelanggan dengan menyampaikan informasi cara mengenali gangguan, cara laporan gangguan pelayanan, hak dan tanggung jawab pelanggan, imbauan menampung air, dan lain-lain. Walaupun, sebetulnya hal ini sudah sering kami lakukan melalui unggahan di medsos PDAM,” tuturnya. 

Sebelum menyampaikan aduan terkait kendala pasokan air, Perumda Air Minum Tirta Binangun menyarankan agar pelanggan terlebih dahulu melakukan 3 C. 

Pertama, cek stop kran. Pastikan kondisi stop kran dalam posisi terbuka. Kedua, cari info aliran air tetangga. Pastikan aliran air tetangga dan sekitarnya mengalir atau tidak. Ketiga, cek medsos resmi Perumda Air Minum Tirta Binangun yaitu Instagram @pdamkulonprogo dan Facebook @pdam kulon progo.

Apabila memang terbukti mengalami kendala, maka aduan dapat dilaporkan ke kantor pelayanan PDAM terdekat atau via online telepon ke nomor 0274-773908 dan WhatsApp ke nomor 0877-0055-0100. (Prd)

No comments:

Post a Comment